Cara Sederhana Atasi Insomnia

Insomnia atau sulit tidur termasuk salah satu masalah kecil namun berakibat fatal. Contohnya, saat bekerja tidak dapat berkonsentrasi karena muncul rasa ngantuk. Semua pekerjaan tidak ada yang beres karena tak bisa berpikir dengan fokus. Begitu pula bila sedang pelajar, teori yang dipelajari sulit diterima oleh otak untuk disimpan dalam memori. Insomnia bisa disebabkan oleh beberapa hal, dua di antaranya adalah stres dan depresi di mana terlalu kepikiran mengenai sesuai hal sehingga dapat menyebabkan gangguan tidur. Mata yang tidak bisa diajak kompromi untuk tidur pastinya menimbulkan kekesalan. Akibatnya jam tidur yang kurang optmimal bisa menimbulkan beberapa masalah salah satunya seperti yang telah diuraikan di atas. Insomnia harus segera di atasi, jika tidak bukan tak mungkin schedule bisa kacau dibuatnya. Baiklah, 4 cara sederhana di bawah ini bisa membantu untuk mengurangi masalah tersebut.

Matikan lampu kamar

Cara pertama untuk bebas dari gangguan tidur adalah mematikan lampu kamar. Jika tak biasa gelap, gunakan lampu meja yang cahayanya redup karena cukup sebagai penerangan. Cahaya lampu yang terlalu terang membuat mata kembali segar. Sekalipun menutup wajah dengan selimut cahaya lampu terkadang masih tembus. Di samping itu, jauhkan handphone dari badan untuk mengurangi radiasi. Jika memang ingin meletakkan alat elektronik tersebut di samping tubuh sebaiknya gunakan mode tempat tidur. Dengan begitu cahaya handphone dapat berkurang dari terang menjadi gelap.

Makan

Sulit tidur harus diketahui faktor pemicunya. Bisa jadi disebabkan oleh kondisi lapar atau lupa makan karena memiliki aktivitas padat. Perut yang lapar akan mempengaruhi pikiran menjadi gelisah dan tidak tenang. Apalagi si isi perut kerap memanggil untuk diisi makanan. Jika dipicu oleh masalah ini, sebaiknya penuhi kebutuhan tubuh tersebut. Namun jangan lupa, tidak boleh terlalu berlebihan karena makan malam apalagi hendak tidur dapat meningkatkan berat badan. Usahakan agar porsi tidak berlebihan, bila perlu sedikit saja asal terpenuhi seperti halnya diet untuk meminimalisir obesitas.

Mandi

Jika biasanya sulit tidur karena diselimuti rasa gelisah dan suasana badan yang tidak nyaman karena habis keluar rumah, maka mandi bisa menjadi alternatif untuk menenangkan pikiran dan bisa tidur nyenyak. Gunakan air hangat untuk meminimalisir rasa dingin. Supaya tidak terlalu larut malam untuk mandi, jika habis bepergian dan merasa gerah sebaiknya langsung mandi. Namun demikian, mandi malam tidak boleh dibiasakan karena bisa menimbulkan rematik.

Olahraga

Olahraga bisa menjadi salah satu solusi untuk mengatasi gangguan tidur. Olahraga dapat membuat pikiran jadi rileks dan bebas dari stres sehingga membuat tubuh jadi lebih tenang. Fisik yang merasa lesu juga akan mendorong untuk segera beristirahat dan tidur lebih cepat. Akan tetapi, yang perlu diingat dalam hal ini adalah jangan melakukan olahraga terlampau keras karena justru akan menyebabkan tubuh kelelahan. Akibatnya membuat tubuh susah tidur karena otot dan tulang terasa pegal berlebihan. Selain itu, apabila muncul rasa sakit pada bagian sendi atau tulang, sebaiknya evaluasi ditakutkan ada gerakan yang salah. Melakukan olahraga 2-3 kali dalam seminggu cukup untuk menyehatkan tubuh dan membuat pikiran jadi nyaman.

Selain kurangnya waktu tidur dan membuat penderitanya malah mengantuk di pagi hari, insomnia juga memiliki dampak buruk yakni menjadi lebih sering lupa, daya konsentrasi berkurang, merasa cemas, terancamnya kesehatan kulit, hipertensi, bahkan juga penyakit jantung yang menjadi salah satu penyebab kematian di dunia. Untuk itu, mari berupaya menghindari insomnia sejak sekarang.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *